How to run VLC as root on Kali Linux


VLC ~ Seperti yang kita tahu, VLC adalah aplikasi multimedia yang multi platform. Berjalan di system operasi Windows, OSX, dan Linux. Pernah tidak kalian pengguna Linux, khususnya KALI dan sejenisnya mengalami error pada aplikasi yang mengharuskan menjalankannya dengan akses root? Tutorial kali ini, saya akan membagikan tips bagaimana cara menjalankan VLC sebagai root. Kemarin (2/9/16), saya melakukan upgrade di beberapa aplikasi yang ada pada Kali Linux yang saya gunakan. Setelah selesai, saya berkeinginan untuk mendengarkan musik untuk relaksasi. Seperti biasa saya buka VLC dengan menggunakan terminal (linux console). Siapa sangka, muncul notifikasi bahwa "VLC is not supposed to be run as root". Alhasil, saya harus mengubah Set-UID yang terdapat pada VLC. 

Berikut adalah tips sederhana untuk menjalankan VLC sebagai root pada Kali Linux:

  • Pertama, buka terminal dan ketik "apt-get install bless" *tanpa petik* pilih Y dan tunggu hingga instalasi selesai.


  • Setelah selesai, kalian ketikan lagi "bless /usr/bin/vlc" *tanpa petik* dan enter. Akan muncul tampilan berikut:

  • Selanjutnya kalian search (ctrl+f) "geteuid" dan jangan lupa variable nya "as" di ganti dengan text. 

  • Setelah ketemu, kalian replace text "geteuid" dengan "getppid" seperti pada gambar:



  • Jangan lupa untuk menyimpan filenya (ctrl+s).

  • Dan sekarang, coba buka VLC kalian.

Previous
Next Post »